Ekstranet - Extranet

Ekstranet - Extranet


Ekstranet – Extranet. Ekstranet adalah sebuah sistem jaringan pribadi yang telah dikembangkan sedemikian rupa sehingga dapat diakses oleh pengguna tertentu dari luar jaringan. Ekstranet juga bekerja dengan menggunakan fasilitas teknologi jaringan internet.


Ekstranet – Extranet Dan Hubungannya Dengan Intranet


Secara sederhana bisa dikatakan bahwa Ekstranet adalah sebuah sistem jaringan intranet yang telah dikembangkan sehingga tidak hanya dapat diakses oleh pengguna yang terbatas (private), melainkan sebagian dapat diakses juga oleh pengguna umum atau publik secara luas.

Ekstranet mulai berkembang dengan munculnya kebutuhan untuk saling berbagi data, informasi, dan komunikasi di antara beberapa perusahaan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka perusahaan yang telah menggunakan intranet biasanya akan saling berbagi sebagian jaringannya kepada perusahaan lain, demi menunjang kelancaran kerjasama antara dua perusahaan atau lebih.

Bagi beberapa perusahaan besar yang telah menggunaka jaringan intranet, terkadang mereka merasa perlu untuk memperlancar kerjasama mereka dengan para pemasok barang (supplier), perusahaan-perusahaan penunjang, dan juga dengan para pelanggan mereka. Maka untuk memenuhi kebutuhan tersebut perusahaan akan membuka sebagian intranet mereka agar dapat diakses pula oleh para supplier, maupun pelanggan mereka. Inilah yang dimaksud dengan ekstranet.

Ekstranet - Extranet
Ketika para pengguna dari luar diberikan akses ke dalam intranet sebuah perusahaan, maka biasanya akses ini akan bersifat pribadi dan terbatas. Biasanya hanya pelanggan yang telah terdaftar yang dapat mengakses extranet ini. Dan biasanya untuk dapat mengakses sebuah jaringan ekstranet, terlebih dahulu pengguna akan diwajibkan untuk masuk melalui halaman login intranet.



Kelebihan Dan Kekurangan Ekstranet – Extranet


* Keuntungan Menggunakan Ekstranet – Extranet


Beberapa keuntungan yanga didapat saat menggunakan ekstranet adalah :

  • Bisa bertukar data dengan volume yang besar, menggunakan Electronic Data Interchange (EDI).
  • Bisa saling berbagi katalog produk dengan mitra dagang mereka.
  • Bekerjasama dengan perusahaan lain dalam usaha pengembangan bersama.
  • Dapat secara bersama-sama mengembangkan dan menggunakan program pelatihan dengan perusahaan lain.
  • Saling berbagi akses layanan yang disediakan oleh satu perusahaan kepada sekelompok perusahaan lain, misalnya seperti aplikasi perbankan online yang dikelola oleh satu perusahaan atas nama bank berafiliasi.

Pengertian Ekstranet – Extranet


* Kerugian Menggunakan Ekstranet – Extranet


Selain mendatangkan banyak segi positif, namun ternyata penggunaan extranet juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya :
  • Biayanya mahal. Biaya yang cukup tinggi akan dikeluarkan okleh perusahaan pengguna ekxtranet. Terutama untuk kepentingan pemeliharaan yang meliputi perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software intranet), dan pelatihan tenaga ahli.
  • Kemanan. Saat menggunakan ekstranet berarti perusahaan tersebut akan saling berbagi data dan informasi. Ini berarti secara tidak langsung akan menjadikan berbagai data penting perusahaan rawan hilang atau rusak. Maka disini keamanan akan menjadi perhatian yang utama.

Incoming search terms :

kegunaan intranet, pengertian intranet, login intranet, intranet login, internet dan intranet, sejarah intranet, apa itu intranet, perbedaan internet dan intranet, portal intranet, software intranet, ekstranet

No comments: