Perbedaan Internet dan Intranet

Perbedaan Internet Dan Intranet


Perbedaan Internet Dan Intranet. Memang banyak yang sedikit bingung mengenai apa perbedaan dari Internet dan Intranet, namun tidak perlu bingung karena penjelasannya ada di bawah ini.

Setelah apa artikel terpisah telah dijelaskan mengenai pengertian intranet, kali ini akan sedikit dijelaskan mengenai perbedaan internet dan intranet, dan berikut dengan penggunaannya masing-masing..


Perbedaan Internet Dan Intranet

Perbedaan internet dan intranet bisa dijelaskan sebagai berikut :

1. Internet (Perbedaan Internet Dan Intranet)


Secara sederhana bisa dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan internet adalah hubungan antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk sebuah sistem jaringan komputer secara meluas melalui sebuah jaringan telekomunikasi yang sifatnya global.

Untuk mengatur kelancaran dan keselarasan jaringan computer global ini, maka dipakailah sebuah protokol yaitu TCP/IP yang memiliki fungsi sebagai pengontrol jaringan agar berjalan dengan semestinya, sedangkan Internet Protocol berfungsi sebagai pengirim dan informasi data dari satu komputer ke komputer lain.

Perbedaan Internet Dan Intranet - Internet

Sedangkan dari sisi penggunanya, agar para pengguna dapat memakai jaringan Internet maka para pelanggan harus berlangganan ke salah satu Internet Service Provider. Dengan begitu pengguna akan dapat memakai fasilitas internet yang bersifat mendunia, sehingga mampu mendapatkan informasi dan juga berkomunikasi ke seluruh penjuru dunia melalui jaringan internet ini.

2. Intranet (Perbedaan Internet Dan Intranet)


Intranet secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP (mirip dengan internet), hanya saja digunakan secara terbatas di dalam sebuah area tertentu. Misalnya seperti di kantor-kantor, perusahaan, sekolah, warnet, ataupun rumah.

Perbedaan Internet Dan Intranet - Intranet

Dari segi penerapannya, sebuah jaringan intranet dapat digunakan dengan baik tanpa harus mempunyai sambungan ke luar melalui jaringan internet. Jadi secara sederhana bisa dikatakan bahwa intranet merupakan versi kecil dari internet, dan hanya bisa digunakan di dalam sebuah jaringan lokal seperti kantor, perusahaan, sekolah, atau rumah.


Perbedaan Internet Dan Intranet - Jangkauan


Berdasarkan penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan secara jelas bahwa perbedaan internet dan intranet sangat terlihat jelas pada skala penggunaan jaringan yang dijangkaunya. Artinya internet dapat digunakan secara global di seluruh dunia, akan tetapi sebaliknya intranet hanya dapat digunakan secara terbatas hanya pada sebuah area perusahaan atau lingkup pribadi yang memiliki sistem internal saja. Itulah sedikit tentang perbedaan internet dan intranet semoga berguna.


Incoming search terms :

pengertian intranet, ekstranet, login intranet, intranet login, internet dan intranet, sejarah intranet, portal intranet, kegunaan intranet, apa itu intranet, perbedaan internet dan intranet

2 comments:

Unknown said...

izin share buat tugas.. terimakasih atas informasinya

AhmadSI2B said...

Terimakasih atas Penjelasannya tentang Perbedaan Internet dan Intranet. Penjelasan yang ada di artikel ini sangat lengkap dan mudah untuk saya mengerti. Terima Kasih.


Jangan lupa kunjungi blog sederhana saya di
www.ahmadsi2b.blogspot.com

dan kunjungi pula
www.atmaluhur.ac.id