Pengertian Intranet, Apa Itu Intranet?

Pengertian Intranet, Apa Itu Intranet?


Pengertian Intranet, Apa Itu Intranet? Intranet adalah sebuah istilah yang mungkin tidak asing lagi bagi beberapa kalangan, terutama mereka yang bergerak di bidang computer dan internet. Berikut ini akan sedikit diulas mengenai pengertian intranet.


Pengertian Intranet, Apa Itu Intranet? – Istilah Intranet


Yang dimaksud dengan Intranet adalah sebuah sistem jaringan komputer yang menggunakan teknologi Internet Protocol untuk saling berbagi data, informasi, sistem operasional, atau layanan komputasi lainnya, dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Istilah Intranet merupakan kebalikannya dari internet, dimana jaringan internet bukan merujuk ke jaringan terbatas (tertutup) dalam sebuah organisasi atau perusahaan, melainkan jaringan secara umum dan global. Istilah Intranet hanya mengacu pada situs web internal sebuah organisasi maupun perusahaan, tetapi mungkin menjadi bagian yang lebih luas dari infrastruktur teknologi informasi organisasi, dan dapat terdiri dari beberapa jaringan area lokal.

Jadi secara sederhana, pengertian intranet dapat diartikan sebagai versi kecil dari internet, dan digunakan hanya secara terbatas dan tertutup, hanya bagi kalangan internal perusaan saja.


Pengertian Intranet, Apa Itu Intranet? – Tujuan Penggunaan Intranet


Pengertian Intranet, Apa Itu Intranet?

Penggunaan intranet oleh banyak perusahaan dan kantor-kantor modern tentunya didasarkan pada sebuah tujuan. Tujuannya utamanya tidak lain adalah untuk mengatur computer unit masing-masing individu dalam sebuah perusahaan dengan biaya yang minimal, agar menjadi lebih produktif dan efisien dari segi waktu dan biaya operasional. Dan dalam penerapannya, intranet memang tidak bisa dipungkiri banyak menggunakan teknologi dari internet. Beberapa teknologi protokol internet terkenal yang dapat ditemukan dalam intranet adalah HTTP (layanan web), SMTP (e-mail), dan FTP (file transfer protocol).


Pengertian Intranet, Apa Itu Intranet? – Siapakah Pengguna Intranet?


Telah dibahas di atas mengenai apa itu intranet, nah sekarang siapa pengguna intranet? Seperti telah disebutkan mengenai pengertian intranet di atas bahwa tidak seperti internet yang bisa digunakan oleh setiap orang, namun intranet dipakai hanya terbatas oleh suatu perusahaan atau organisasi tertentu.

Dalam hal ini teknologi intranet biasanya digunakan oleh sebuah perusahaan untuk menyebarkan atau membagi informasi dan data kepada seluruh karyawannya. Dan penggunanya biasanya hanya terbatas di dalam lingkup perusahaan tersebut. Untuk membatasi penggunaannya, maka biasanya penggunaan intranet dilindungi melalui gateway jaringan dan firewall. Sehingga diharapkan tidak bisa diakses oleh pengguna di luar perusahaan tersebut.

Dan bagi beberapa perusahaan kecil, intranet dapat dibuat hanya dengan menggunakan alamat IP (private IP address). Jadi di sini intranet hanya bisa diakses oleh computer local dalam perusahaan.


Pengertian Intranet, Apa Itu Intranet? – Kegunaan Intranet


Pengertian Intranet, Apa Itu Intranet?

Dalam pengertian intranet yang terakhir adalah menyangkut kegunaan intranet. Pada masa sekarang ini teknologi intranet telah semakin canggih dan semakin banyak digunakan oleh banyak perusahaan. Bahkan tidak hanya perusahaan, namun juga telah digunakan pula oleh organisasi-organisasi, kantor, sekolah, dan bahkan rumah.

Hal ini karena semakin hari kebutuhan akan ketersediaan informasi antar bagian dalam sebuah perusahaan modern semakin meningkat. Dan intranet telah menyediakan teknologi yang modern, fleksibel, dapat diakses dengan cepat, dan biaya yang cukup murah.

Itulah sedikit penjelasan singkat tentang apa itu intranet, siapa penggunanya, dan apa kegunaannya. Di artikel terpisah dijelaskan juga lebih detail mengenai perbedaan internet dan intranet. Demikianlah sedikit informasi tentang pengertian intranet semoga bermanfaat.


Incoming search terms :

ekstranet, perbedaan internet dan intranet, login intranet, intranet login, internet dan intranet, sejarah intranet, portal intranet, kegunaan intranet, apa itu intranet, pengertian intranet

No comments: